58 views

Pentingnya Menjaga “NKRI” (Bag. 2)

0

NKRI esensi dari Pesan Ilahi

NKRI sendiri masuk dalam kategori معلل (Mu’allal) karena mempunyai pesan yang gurih hingga bisa dinikmati oleh siapa saja yang benar-benar menjaganya. Berikut penjelasan NKRI yang saya definisikan sebagai pesan Ilahi:

  1. “N” Networking.

Betapa pentingnya bagi setiap insan agamis nan dinamis untuk membangun dan memperkuat jaringan serta melebarkan sayap untuk kemaslahatan diri, keluarga, sanak saudara, masyarakat dan umat, salah satu bagian dari networking itu adalah “Hobi Silaturahim”.

Dalam hadits sendiri sudah dijelaskan:

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “من أحبَّ أن يُبسط له في رزقه، ويُنسأ له في أثَره، فليَصِلْ رحمه” متفق عليه

“Siapa yang menginginkan rizkinya dilapangkan, dan umurnya dipanjangkan, maka lakukanlah silaturahim”. [1]

Networking adalah salah satu konteks dari hadits di atas, dan alasannya jelas yaitu jika kita ingin mendapat keuntungan dan panjang umur, maka kuasailah makna membangun jaringan yang hakiki untuk melihat dunia lebih dekat.

Membangun jaringan juga merupakan sejati atau sebenar-benarnya ketaatan kita kepada orang tua sesuai dengan isarat hadis :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَبَرُّ الْبِرَّ أَنْ يَصِلَ الرَّجُلُ وُدَّ أَبِيْهِ

Dari ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik perbuatan baik terhadap orang tua adalah menyambung persaudaraan terhadap orang-orang yang dicintai orang tuanya.” [2]

  1. “K” Kompetitif.

Bersaing di sini tentunya dalam kebaikan, bagi setiap insan hendaknya bersiap-siap bertempur di arena pertarungan untuk kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat.

Di dalam Al Qur’an di sebutkan:

… فَاسْتَبِقُواْ الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُواْ يَأْتِ بِكُمُ اللّهُ جَمِيعاً إِنَّ اللّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ…

:Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS: Al Baqarah ayat 148 juz 2)

Oleh karenanya penting bagi kita untuk sigap bersaing dan mempunyai kemampuan membangun (Character building) dalam bidang masing-masing di era global ini.

Bersambung ke Bag. Akhir

————–

Bag. 1Klik disini

————-

Catatan kaki:

[1] Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

[2] Diriwayatkan oleh Muslim

————–

Guntara Nugraha Adiana Poetra, Lc M.A

Pengasuh Halaman Komunitas ISCO (Islamic Studies Center Online)

Pembelajar sepenggal masa, belajar menuangkan setetes pemikiran menjadi tulisan ringan, berharap makna bagi sesama. Pengasuh situs lulusan Ponpes Modern Darunnajah Bogor, S1 Univ. Al Azhar Kairo Republik Arab Mesir Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadist dan Ilmu-ilmunya, S2 Univ. Cidi Mohammed ben Abdellah Kota Fez Kerajaan Maroko bidang Kaidah Fiqih dan sedang menyelesaikan pendidikan S3 ilmu tafsir di PTIQ Jakarta.

Leave A Reply

linked in share button