1,015 views

Cara Jitu Menghafal Al Qur’an

0

Seorang jemaah paruh baya bertanya “Gmn cara menghafal Al Quran?”

“Waduh…tidak ada cara apa-apa mas” jawab kami singkat.”

“Caranya sederhana ko, cukup duduk dan buka (baca) mushaf”  begitu tambah kami.

Sedikit catatan, ribuan buku panduan cepat menghafal memenuhi isi kamar Anda, ratusan kali ikut seminar Quran berbayar dengan iming-iming satu bulan Anda “hafidz”.

Rasanya mustahil bisa hafal tanpa ada tekad kuat (azzam), dan pastikan dalam menghafal membutuhkan perangkat sebagai berikut;

  1. Kecerdasan
  2. Ketulusan hati
  3. Kekuatan doa,
  4. Kesungguhan
  5. Tidak tergesa-gesa

Dalam prakteknya ada yang 5 bulan, 7, 10 bulan, 1 tahun, 2, 3 bahkan bertahun-tahun tak hafal-hafal hanya sebatas keinginan alias manis di bibir. Lebih parah lagi, ternyata ia sedang mengigau, solusinya sederhana, segera bangun dari tidur panjang agar tidak terus terbuai dan mulai mengambil mushaf tanpa banyak bicara.

Belajarlah tentang arti sabar dari para penghafal, bukan dari para “motivator” atau “dai kondang”. Karena Allah lah yang sejatinya menggerakan hati seseorang untuk menghafal dan memilihnya menjadi keluargaNya di dunia dan di akhirat.

Yang terpenting dalam menghafal adalah motivasi dan menjaga niat, untuk apa dan siapa “kita” menghafal?!

Tak lupa terus bermunajat;

“Ya Allah, jadikanlah hamba bagian dari keluargaMu yaitu ‘Ahli Al Qur’an’ dan orang-orang yang Engkau pilih menjadi penjaga firmanMu. “

Semoga kecintaan kita semakin bertambah kepada Al Quran. Ya Robbanaa

————–

Oleh: Guntara Nugraha Adiana Poetra, Lc M.A

Pengasuh Halaman Komunitas ISCO (Islamic Studies Center Online)

Pembelajar sepenggal masa, belajar menuangkan setetes pemikiran menjadi tulisan ringan, berharap makna bagi sesama. Pengasuh situs lulusan Ponpes Modern Darunnajah Bogor, S1 Univ. Al Azhar Kairo Republik Arab Mesir Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadist dan Ilmu-ilmunya, S2 Univ. Cidi Mohammed ben Abdellah Kota Fez Kerajaan Maroko bidang Kaidah Fiqih dan sedang menyelesaikan pendidikan S3 ilmu tafsir di PTIQ Jakarta.

Leave A Reply

linked in share button